Berbusana Muslim dan Muslimah Merupakan Cermin Kepribadian dan Keindahan Diri

Posted by

Aktivitas 1 :

Carilah melalui berbagai media, para aktris/aktor atau public figure yang telah mengubah cara berpakaiannya secara islami.

Kemudian, berilah kesimpulan tentang perubahan tersebut, apakah sudah mencerminkan sikap pribadi yang baik ataukah belum!


Jawaban :

A. Yang Memutuskan Untuk Berjilbab / Bertransformasi Menjadi Lebih Islami

1. Marissa Haque
Istri Ikang Fawzi itu mengaku masih dalam tahap belajar menggunakan hijab. jilbab yang kini menjadi pakaian lengkapnya, bintang film era 80'an mengatakan merupakan keinginannya agar lebih baik. Katanya lagi, meski sudah mengenakan jilbab ia masih dalam tahap belajar untuk menjadi lebih baik.

"Saya tidak mengatakan dengan saya mengenakan jilbab, saya sudah menjadi orang baik. Saya juga dulu tidak berjilbab. Namun saat ini, ketika saya berjilbab, saya tengah berusaha untuk menjadi lebih baik,”




2. Inneke Koesherawati
Inneke Koesherawati  semakin getol dan yakin. Dirinya pun merasa bahwa berjilbab adalah wujud syiarnya atas agama yang dipeluk.

"Berjilbab itu salah satu bentuk syiar saya kepada orang lain. Dengan orang melihat saya seperti ini dan orang bisa ikutin saya untuk berjilbab, itu dampaknya sangat baik,"






3. Desy Ratnasari
Wanita asal Sukabumi tersebut menyatakan bahwa dirinya sudah meniatkan diri mengenakan jilbab dan Insya Allah nyaman dengan baju tersebut.

"Job terganggu, enggak juga. Saya pengen dengan hijab sebagai perempuan bisa tetap berkarya, apapun gak hanya religi, kita bisa bicarakan politik, sosial tanpa terbatasi oleh hijab yang kita gunakan,"



4. Zaskia Mecca
"Aku ingat Allah. Karena aku memakai jilbab ini bukan untuk manusia, tetapi karena Allah".

"Itulah kenapa saya pakai jilbab karena menyadari ketika mengenakan baju seksi bisa dieksploitasi. Berdandan buat siapa, yang menikmati pria. Padahal, dia entah siapa, rugi banget. Pria kalau lihat yang seksi menggodanya lebih enak, eye catching banget, yang seksi kan buat digoda,"





5. Asmirandah
Asmirandah kini mengenakan jilbab. Wajahnya jadi kelihatan lebih cantik dan cerah. Ia mengenakan penutup kepala itu lantaran perannya dalam sinetron bernuansa islami berjudul 'Dari Sujud ke Sujud' yang dibintanginya bersama sang kekasih, Dude Herlino. Namun Ia mengakui merasa nyaman dengan menggunakan hijab ini.




6. Fatin Shidqia Lubis
 Majelis Ulama Indonesia (MUI) kepincut dengan salah satu kontestan X Factor Indonesia Fatin Shidqia Lubis. Lewat Ketua Bidang Seni dan Budaya, MUI mengirimkan surat dan berpesat agar Fatin tetap setia dengan jilbabnya.

Menanggapi surat MUI tersebut, Fatin menyatakan siap akan terus berjilbab. Ia menyatakan jilbab adalah jati dirinya yang tidak mungkin dilepas.

“Jilbab itu sudah jati dirinya aku. Dari awal aku sudah berjilbab. Jadi tidak mungkin banget jika melepasnya,” ujar Fatin Shidqia di Jakarta (5/4/2013)




7. Oki Setiana Dewi
"Saya waktu kecil suka mengenakan pakaian mini, agar kelihatan cantik," katanya.

Setelah besar dan pindah ke Jakarta saat ibunya sakit dan lama dapat disembuhkan. Itu merupakan titik balik hidupnya, ia memutuskan untuk mengenakan jilbab saat kelas dua SMA pada usia 16 tahun.

Disana ia menemukan penentangan dari orang-orang disekelilingnya yang mengatakan bahwa ia tidak layak mengenakan jilbab dan sebagainya. Namun di balik tentangan itu, Oki justru mendapatkan berkah.

Bukannya terpuruk, sebaliknya ketika ia berjilbab ia menemukan titik balik hidupnya. Ia mendapat tawaran bermain film KCB.

8. Meyda Sefira
 Jilbab memang membawa berkah. Itu pula yang dirasakan artis yang tenar lewat film Ketika Cinta Bertasbih, Meyda Sefira. Sejak memutuskan istiqomah berjilbab pada 2008, Meyda mengaku banyak mendapat limpahan rezeki. Tak hanya tawaran berakting, tapi menjadi bintang iklan serta pembicara di berbagai acara juga ia dapatkan

Sejak membintangi film bergenre religi, Ketika Cinta Bertasbih (KCB), nama Meyda Sefira memang makin dikenal. Penampilannya yang santun dengan busana muslim dan hijab, membuat Meyda selalu tampak anggun. Gara-gara penampilan itu pula, Meyda kini menjadi ikon bahkan idola perempuan muslim.

Pemeran Husna dalah KCB ini juga dianggap sebagai trendsetter muslimah di Indonesia. Namun, siapa sangka, aktris yang kerap dipanggil dengan sebutan akrab Mey,  ini ternyata terhitung belum lama mengenakan jilbab. “Saya memutuskan berjilbab sejak tahun 2008. Sebenarnya, saya berkeinginan mengenakan jilbab dari SMA, namun terkendala pergaulan sehingga saya masih setengah hati. Hingga akhirnya baru terlaksana tahun 2008,”


9. Rizty Tagor
Risty mengatakan banyak tantangan ketika mengenakan hijab. Setelah berhijab, tambah Risty, banyak yang mengira keputusannya hanya untuk edisi ramadhan. Risty menyanggah hal tersebut, malah sebaliknya ia berharap pilihan ini dapat bertahan selamanya. "Setelah menggunakan hijab ini seakan jadi alarm kali ya, bagaimana masa iya berjilbab tapi nggak solat, tapi gak bisa baca Al-Quran, masa iya tutur kataku masih belum baik."

Berhijab bagi Risty dijadikan acuan bagi dirinya untuk selalu memperbaiki diri. Menurutnya hijab tak akan membawanya ke surga. "Tapi memang akhlak kita yang membawa kita ke surga," katanya.

10. Nuri Maulida
Pesinetron Nuri Maulida kini tampil tertutup dengan jilbab. Ingin jadi manusia yang lebih baik lagi, Nuri pun tak mau pacaran dan berencana langsung menikah.

"Jodoh serahkan ke allah, taaruf benar sekali kalau aku terlalu drastis akui kaget. Aku kalaiu ada yang dekati aku ya aku memang nggak mau pacaran, aku butuh suami bukan pacar dulu,"

Kini Nuri juga membatasi pergaulannya dengan lawan jenis. Ia kini tak mau pergi berdua dengan pria yang bukan muhrimnya.

"Nggak seceroboh dulu, suka pacaran. Sekarang libatkan Allah, aku membatasi lawan jenis ya, kalau harus jalan bareng harus ada muhrim. Kalau dulu bebas berdua, kalau sekarang harus ada teman," sambung Nuri.

Aku merasa dekat Allah pasti allah kasih jalan. Bagaimana bisa merelakan Allah, yakin Allah kasih, kalau kasih jodohnya yang dekat ada saja. Ada beberapa yang diistimewakan, semoga Allah kasih jawaban nggak lama, maunya tahun depan bisa menikah," harapnya.

11. Rachel Maryam
Artis dan politisi Rachel Maryam akhirnya memutuskan memakai jilbab ketika bertemu dengan suaminya Edo pada awal 2012. Banyak pihak yang menyebut keputusan Rachel karena dorongan dari sang suami.  Namun belakangan bintang film ‘Arisan’ itu membantah anggapan tersebut. Ia menegaskan bahwa dirinya memang sudah lama ingin memakai jilbab.



12. Peggy Melati Sukma 
Peggy memantapkan diri untuk menggunakan jilbab pada Tahun 2011. Bintang sinetron ‘Gerhana’ itu sepertinya sangat menikmati penampilan barunya itu. Ia mengaku mendapat hidayah hingga memutuskan untuk berjilbab. anyak hal yang berubah setelah dirinya mengenakan jilbab. Namun, dirinya termasuk tipikal orang yang ketika sudah melangkah harus memegang kokoh keputusan yang telah dibuat, dan menghilangkan semua kekhawatiran.


13.  Zaskia Shungkar
Zaskia Shungkar mengaku meminta izin terlebih dahulu kepada sang suami, Irwansyah sebelum memutuskan untuk berjilbab. Izin pun akhirnya diberikan dan akhirnya Zaskia pun berjilbab sejak awal 2012.

"Awal mula karena Umroh, pulangnya memutuskan pake kerudung. Banyak faktor pastinya, hidayah dari Allah. Dari papa juga mengharapkan anak-anaknya menutup diri,"

Meskipun sudah "menutup diri", Zaskia menyatakan tidak takut, berjilbab akan mengganggu pekerjaannya. Ia mengaku sampai saat ini tidak ada kesulitan yang berarti dalam kariernya di dunia entertaiment.

"Aku sempet telepon papa, takut masalah kerjaan keganggu, tapi benar kata papa, kalau mau jalanin yang benar pasti dikasih jalan yang termudah. Aku nggak pernah ngalamin kesulitan, sekarang Alhamdulilah banyak juga yang pakai jilbab. Jadi nggak ada masalah,"

14. Eddies Adelia
Pesinetron Eddies Adelia mengambil salah satu keputusan penting dalam hidupnya pada pertengahan 2010. Ia memutuskan untuk memakai jilbab.

“Persiapan mentalnya dari tahun 2004, baru kesampaian tahun 2010. Mulai kuat keinginan itu tahun 2008 ketika saya ditinggal Mama,” ungkap Eddies

“Kehilangan Mama merupakan momentum yang sedikit banyak mengubah hidup saya. Niat yang sudah saya simpan saya tekadkan kembali,”



15. Omas Wati
 Kata siapa pelawak tak pantas pakai jilbab? Pelawak Omas pun seolah menjawab pertanyaan itu.

Omas yang sejak 2006 lalu memutuskan memakai jilbab mengaku tak terganggu pekerjaannya. Bahkan, Omas mengaku lebih dihargai setelah memakai jilbab

"Kan diharuskan sebagai umat muslim, jangan ikut-ikutan lagi tren. Jilbab maknanya besar, jangan disalah gunakan. Banyak jilbab masih suka rumpi atau apa. Itu kan enggak boleh.

"Setelah mau berangkat umrah, sebulan enggak ada tawaran. Banyak tantangannya mau umrah, bukan haji saja. Perubahannya banyak ya, lebih dihargain, buat anak-anak yang ledek-ledek berkurang. Bukan jilbab harus berubah, yang jelek-jelek harus diubah," tandasnya.

16. Astri Ivo
"Butuh waktu dua tahun buat saya untuk meyakinkan suami bahwa saya sudah mantap berjilbab," urai Astri.

Bertepatan dengan kepulangannya dari Tanah Suci setelah dirinya menunaikan ibadah haji di usia 30, ia pun kembali meminta pendapat sang suami yang meminangnya saat masih berusia 21 tahun. Melihat keteguhan Astri yang memendam keinginan untuk bisa mengenakan jilbab, akhirnya sang suami mengizinkan dirinya secara kaffah menutup aurat.

17. Sulis
Penyanyi Sulis yang dikenal berduet dengan Haddad Alwi lewat Cinta Rasul Punya kisah sendiri. "Dulu ketika masih di Solo, setiap pagi saya keliling kota naik becak. Habisnya enak, silir kena angin. Apalagi kalau malam hari," cerita Sulis yang mengaku sangat akrab dengan teman-teman sekolahnya di SMA Negeri 6 Jakarta Selatan.

"Mereka tak sekadar dekat saja dengan saya. Tapi, juga sering curhat ke saya," kata Sulis yang terlihat sangat serasi mengenakan busana muslimah dan jilbab. "Seorang muslimah akan terlihat lebih enak dan nyaman jika berjilbab," tutur gadis yang sudah berjilbab sejak TK ini. Makanya jangan heran jika putri pasangan Sumadi dan Siti ini mempunyai lebih dari 50 pasang jilbab.

"Saya orangnya senang me-matching baju dengan jilbab. Kalau jilbabnya warna putih ya atasan dan bawahannya harus warna sepadan,"

18. Cheche Kirani
Berdasarkan pengalamannya ia sering menerima keluhan perempuan yang ingin berjilbab tapi tak percaya diri terhadap bentuk wajah atau tubuh. "Saya membesarkan semangat mereka seraya mengatakan, 'Ayo, berjilbab itu indah!'" katanya.

Namun, menurut istri Ustad Aa Hadi itu, akan lebih indah lagi bila bisa memadukan dengan bentuk wajah atau tubuh. "Sekarang banyak kok buku-buku atau salon muslimah yang bisa membantu penampilan berjilbab," katanya. Perancang busana Hanie Hananto juga memberi semangat kepada para perempuan agar tidak takut, merasa khawatir, atau rendah diri untuk berkerudung. "Kuncinya, harus percaya diri," ujarnya

19. dewi yull 
 Pada suatu malam, saya bermimpi bertemu dengan almarhumah ibunda, Masayu Devi Hetimawati. “Ibu (almarhumah) menegur saya untuk lebih dekat dengan Allah,” Sejak saat itu, saya memutuskan untuk lebih mendekatkan diri dengan sang pencipta. Saya berpikir bahwa sebelum diri saya mengenakan busana muslim dan berjilbab, maka Ia harus menutup auratnya dulu.. Hingga salah satu keputusan yang saya ambil adalah dengan mengenakan jilbab. Jilbab itu masalah hak asasi manusia, jadi kenapa mesti harus dipertanyakan. Ujarnya. “Sempurna itu kan ada karena adanya ketidaksempurnaan,” ujar Dewi Yull kenangnya. “dari keduanya, keluar Mutiara dan Marjan” (QS.Ar-Rahman (55): 22)

20. Cici Tegal
 Orang bijak berkata, undzur maa qoola wala tandzur man qoola; lihatlah apa yang dikatakan dan jangan lihat siapa yang berkata. Seseorang bisa belajar dari siapa pun tanpa harus melihat statusnya. Sri Wahyuningsih yang lebih akrab disapa Cici Tegal, justru belajar dari sesosok jenazah korban tsunami di Nanggroe Aceh Darussalam (NAD) akhir tahun lalu.

Cici sendiri sebenarnya mengaku sejak lama dirinya merasa 'telanjang', padahal sekian banyak teman artis sudah berjilbab. ''Terus terang saya sering gelisah. Ibaratnya saya masih telanjang sementara orang sudah menutup aurat. Seharusnya yang benar itu benar-benar menutup aurat,'' ujarnya.

Begitu pulang dari Aceh, ia bertekad segera mengenakan jilbab. Hanya ada satu pertanyaan yang menganjal. ''Ya Allah sekarang saya ingin pakai jilbab untuk mengikuti perintah-Mu. Tapi saya ingin tahu dulu kebesaran-Mu kalau saya pakai jilbab,'' batin Cici seraya berharap petunjuk dari Allah agar hatinya mantap. aurat, bagaimana ia mempertanggungjawabkannya di depan Allah? ''Itu selama bertahun-tahun saya mengalami kegelisahan. Puncaknya pas menyaksikan mayat perempuan cantik di dekat mal di Aceh itu,'' tambah komedian yang mengawali debutnya saat digandeng Bagito Group dan Srimulat ini.

21. Dewi Sandra
Dewi, menurut pengakuannya, mempelajari agama lebih dalam  dengan mengikuti pengajian-pengajian untuk membuatnya semakin mantap berjilbab.

"Semua orang punya alasan sendiri untuk pakai jilbab, ada yang karena sakit, pengalaman pribadi, sadar umur. Untuk saya sendiri trigger-nya sejak 2012 ikut pengajian, kumpul di tempat yang tepat dan saya selalu tertarik dengan wanita-wanita yang berjilbab,".

Menurut dia, sampai pada satu titik, dirinya merasa sudah saatnya mengenakan jilbab dan meninggalkan busana-busana seksinya. Dewi menceritakan setelah salat tahajud pada suatu hari di Desember 2012, esoknya ia mulai menggunakan jilbab.

"Di 2012 saya salat tahajud. Nggak ngomong sama siapa-siapa, besoknya saya minta ke manajemen saya dan oke saya siap. No turning back, niatnya lillahitaala karena ingin memperbaiki diri, karena terlalu banyak hal yang harus saya perbaiki secara pribadi, baik spritual dan batin," ujar Dewi.
Sebelum memutuskan berjilbab, ia mengalami pergolakan batin selama satu tahun. "Pakai jilbab maju mundur banget dari setahun yang lalu. Apalagi aku suka pakai rok mini," ungkapnya.

22. Dhini Aminarti
 Artis cantik Dhini Aminarti berencana untuk memantapkan dirinya untuk memakai jilbab mulai 2012. Dhini pun mengaku menunggu mendapat hidayah hingga akhirnya memutuskan untuk menggenakan busana muslimah.  Dibeberapa kesempatan, istri Dimas Seto itupun sudah terlihat menggunakan busana muslimah.






23. Laudya Chintya Bella
Keputusan besar diambil oleh artis cantik Laudya Chintya Bella pada pertengahan Januari 2015 lalu. Ia memutuskan untuk mengubah penampilannya menjadi lebih Islami dengan balutan hijab. Keputusan ini mantap diambilnya usai melaksanakan umroh ketiganya.

Awalnya Bella bernazar baru akan memakai hijab jika sudah memiliki anak dan suami. Namun Allah SWT mempercepat keinginan mantan kekasih chico jericho ini untuk berhijab.

Ia menyadari bahwa nantinya Ia akan menerima kosekuensi tidak bebas dalam menerima tawaran job. Namun Bella mengaku sadar dan berani menolak tawaran jika harus membuka jilbab. Benar saja, Bella akhir-akhir ini memang kerap menerima peran dalam film bernafaskan religi. Misalnya saja Haji Backpacker dan Assalamualaikum Beijing.  Malahan setelah Bella menggunakan jilbab banyak tawaran iklan produk muslimah dan memintanya menjadi bintangnya.

24. Shireen Sungkar
Artis cantik yang juga istri dari pesinetron Teuku Wisnu, Shireen Sungkar akhirnya resmi berhijab. Putri kedua pasangan Mark Sungkar dan Fanny Bauty ini memutuskan berhijab mengikuti jejak kakaknya yang sudah lebih dulu berhijab, Saskia Sungkar. Tepatnya pada awal Ramadhan 2014 lalu Ia berjanji pada sang suami untuk menutup auratnya.

25. Alyssa Soebandono
Alyssa Soebandono mantap berhijab pascamenikah dengan Dude Harlino. Pesinetron cantik ini menegaskan, keputusan menutup aurat bukan karena paksaan suami. Alyssa ingin membangun rumah tangga dengan pondasi agama yang kuat. Salah satu caranya dengan berhijab, karena berhijab merupakan kewajiban seorang wanita muslim.

Alyssa Soebandono resmi menikah dengan Dude pada 22 Maret 2014. Sebelum dipersunting Dude, Alyssa sudah berkomitmen untuk berhijab. Pada saat acara siraman, Alyssa terlihat mengenakan hijab. Pun demikian saat prosesi akad nikah dilangsungkan Alyssa memakai penutup rambut.

26. Sahrul Gunawan
Sejak menikah dengan Indriani hadi pada 3 Februari 2007 lalu, Sahrul Gunawan fokus berkarier di jalur yang kental dengan nuansa religius. Tak hanya menjadi penyanyi religi hingga membuka bisnis travel Haji. Kabarnya gara-gara menjalani karier yang bernuansa religius, Sahrul dipanggil ustaz oleh penggemarnya.  Sahrul sempat buang muka karena tak suka disapa ustaz. Namun semakin lama panggilan itu malah semakin diamininya dan semakin mendekatkan dirinya kepada Allah SWT.

27. Teuku Wisnu
Selama ini dikenal sebagai salah satu aktor tampan  di tanah air yang diidolakan para remaja. Pria yang dulu berpenampilan stylish tersebut, kini ia mengalami banyak perubahan. Semenjak menikah dengan Shireen Sungkar, Wisnu mengubah penampilannya menjadi lebih islami.

Awalnya sedikit demi sedikit Wisnu mulai muncul lebih sering dengan pakaian Islami seperti baju koko, peci hingga mengenakan celana di atas mata kaki.  Kini perubahan penampilan Wisnu tak hanya sekedar pakaian saja, ia menjadi lebih kentara dalam mengikuti sunnah dengan memelihara jenggot.



B. Yang Memutuskan Untuk Melepas Jilbabnya

1. Marshanda

Ada dugaan Chacha mengalami gangguan kejiwaan usai gugatan cerai pada suaminya, Ben Kasyafani. Apakah karena gugatan cerai itu membuat Marshanda untuk memutuskan melepas hijabnya?
Melalui pengacaranya, Marshanda membenarkan bahwa ia memang sudah resmi melepas hijabnya. Ada banyak hal yang melatarbelakangi pilihan itu, tapi yang jelas bukan karena masalah perceraian atau masalah kejiwaan.


2. Rossa
Pada tahun 2013 lalu, Rossa pernah mengenakan hijab saat menjadi juri di ajang pencarian bakat X Factor. Ia mulai mengenakan hijab saat dirinya pulang dari Tanah Suci.

Namun sayang, keputusan Rossa untuk mengenakan hijab tidak bertahan lama. Beberapa minggu kemudian ia melepaskan hijabnya karena berbagai macam alasan.

3. Septy Sanustika


Setelah suaminya, Ahmad Fathanah ditangkap KPK, Septy Sanustika harus bisa mendapatkan pekerjaan lagi untuk bertahan hidup. Salah satu cara untuk mendapatkan pekerjaan lagi yaitu dengan melepas hijabnya.

Dia dengan berat terpaksa melepas hijabnya demi mendapatkan tawaran manggung untuk mebiayai hidup anaknya. Meskipun sangat berat terutama untuk sang suami, Ahmad Fathana merestui pilihan istrinya itu untuk melepas hijab.

4. Trie Utami

Penyanyi kondang Trie Utami memang sudah sangat lama meakai hijab. Namun sayang ada satu masa di mana Trie harus melepas hijabnya.

Setelah bercerai dengan suaminya, artis yang akrab dipanggil Mbak Iik ini memutuskan untuk melepas hijabnya. Namun ia membantah kalau alasan dirinya melepas hijab karena bercerai. Ia memiliki alasan lain yang membuatnya melepas hijab.

5. Tya Subiakto

Seorang komposer, dirigen, dan sutradara film Indonesia ini sebenarnya sudah lama memutuskan untuk melepas hijabnya. Namun keputusannya itu masih membuat banyak orang kecewa.

Pernikahan ayahnya dengan wanita lain saat masih berstatus menikah dengan ibunya-lah yang membuat Tya melancarkan protes. Ia juga membantah kalau perceraiannya dengan sang suami terdahulu yang membuatnya melepas hijab.

6. Dewi Hughes



Beberapa tahun lalu, Dewi Hughes memang selalu tampil dengan busana muslim dan selalu mengenak hijab. Namun sayang Dewi Hughes memutuskan untuk melepas hijabnya.

Ia memutuskan untuk melepas hijab dan lebih banyak memakai turban. Tapi tak jarang pula ia tampil tanpa penutup kepala. Meskipun demikian, keputusannya itu sudah mendapat restu dari sang suami dan bukan karena paksaan orang lain.




Kesimpulan :

                Beberapa arktis/aktor mulai bertransformasi menjadi lebih islami, baik dengan cara menggunakan jilbab bagi yang wanita, ataupun memanjangkan janggut dan berpakaian muslim bagi pria. Tetapi masih ada juga artis artis yang melepaskan jilbabnya dengan alasan alasan yang beragam, dan rata rata hal tersebut terjadi ketika mereka bercerai dengan pasangannya. Seharusnya mereka berjilbab karena atas kemauan hati mereka sendiri, bukan karena paksaan, ataupun memenuhi permintaan suami. Karena kalau mereka berjilbab dengan paksaan pasti ujung-ujungnya mereka melepaskan jilbab tersebut, jadi alangkah lebih baiknya jika mereka melakukan hal tersebut karena memang itu kemauan dari hati mereka. Aktris/aktor yang telah merubah penampilan cara berpakaiannya secara islami tersebut, saya kira sudah cukup mencerminkan pribadi yang baik dalam catatan cara menggunakan pakaiannya sesuai dengan ajaran agama Islam. Dan kiranya mereka senantiasa bersikap baik dan tetap istiqamah di jalan kebaikan. Jilbab adalah anugerah yang Allah berikan kepada Muslimah agar terjaga wibawanya, terjaga kehormatannya, terjaga keamanannya, terjaga akhlaknya, dan terjaga ibadahnya. jadi, dengan berjilbab kita akan terus belajar menjadi Muslimah yang baik dan taat kepada Allah.




Tempat Belajar Pendidikan | SD | SMP | SMA | Kumpulan Tutorial Dan Kumpulan Artikel Ilmu Komputer | Seputar dan Belajar SEO | Blogging | Internet | Bisnis Online | etc hanya di NugrahPratama21
Demo Blog NJW V2 Updated at: 7/05/2017 01:12:00 PM

1 komentar:

Total Views

Blog Followers

Popular Post

Blog Archive