Ceramah : Tegar Hadapi Tantangan

Posted by

TUGAS PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

CERAMAH



DISUSUN OLEH :
NUGRAH PRATAMA
151818 / 0008077764
   
XI MIA 2
SMA NEGERI 1 GOWA
TAHUN AJARAN 2016/2017

Assalamualaikum waarahmatullahi wabarakaatuh

Alhamdulillahi robbil alamiin, nahmaduhu wanastaiinu wanastaghfiruhuwana uuddzu billahi min syururi anfusina wamin ssaayyiati a`malina...mayahdillahu fala mudhillalah waamayuddhlilhu fala haadiya lahu…Asyhadu allaa ilaaha illallah wa ashadu anna muhammadarrasulullah...allahummasalli ala ssaayidina muhammad wa ala ali sayidina muhammad... Amma ba`du.


Sebagai hamba Allah yang beriman marilah kita panjatkan puji dan syukur atas kehadirat Allah SWT yang telah memberikan kekuatan, kesehatan, nikmat iman lahir dan batin kepada kita semua, sehingga kita dapat berkumpul di tempat ini dalam rangka menghambakan diri kepada Allah SWT.

Salawat dan salam tidak lupa kita kirimkan kepada junjungan kita Nabiyullah Muhammad SAW yang telah mengantarkan umat manusia dari peradaaban hidup yang jahiliyah menuju pada peradaban hidup yang moderen yang penuh dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi seperti yang kita rasakan pada saat ini. Semoga kita semua termasuk hambanya yang taat, yang berhak mendapatkan syafaatnya di hari akhir kelak. Aamiin…Aamiin ya Rabbal'alamin.

Perkenankanlah saya pada kesempatan ini untuk menyampaikan ceramah agama yang berjudul : Tegar Hadapi Tantangan

Teman-temanku sekalian yang dirahmati oleh Allah SWT.

Terkadang kita sebagai manusia mempunyai ambisi yang besar, mempunyai ego yang besar, mempunyai keinginan yang tinggi, dan mempunyai cita-cita yang tinggi pula. Tapi sedikit dari kita yang ingin menjalani proses yang besar, ingin melewati jalan yang besar, ingin melewati rintangan yang besar. Padahal suatu kesuksesan akan tiba setelah kita berusaha, kesuksesan akan datang setelah kita bekerja keras, kesuksesan akan menghampiri kita setelah kita berusaha, berupaya dengan sekuat tenaga.

Karena kita telah banyak mendengarkan kata-kata dan kita juga banyak membaca tentang ayat-ayat Al-Quran, Allah berfirman :

إِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًا
Q.S. Al-Insyirah : 6

Sesungguhnya setelah daripada kesusahan itu, akan datang dibaliknya suatu kemudahan. Maka kita perlu mengambil ilmu, kita perlu mengambil pelajaran, kita perlu mengambil hikmah dari sekelumit kesulitan yang kita hadapi, dari berbagai rintangan yang berat yang kita alami. Setelah itu pasti akan ada kemudahan dari Allah SWT.

Tapi bagaimana cara kita memandang kesuksesan?

Bagaimana cara kita memandang kesusahan ini?

Bagaimana cara kita memandang rintangan yang berat dengan mata yang baik?

Maka kita harus selalu berusaha untuk selalu Husnudzon kepada Allah SWT.

Kenapa?

Karena Allah selalu memberikan yang terbaik kepada kita, mungkin Allah tidak memberikan apa yang selalu kita inginkan, tapi yang terbaik bagi kita Allah selalu berikan. Oleh karenanya, mari kita bersama-sama bersikap optimisme di dalam menghadapi impian, bersikap tegar, bersikap sabar, dalam menghadapi segala impian. Karena kesabaran, ketabahan itu adalah merupakan kunci sukses dalam menghadapi sebuah impian.

Teman-teman sekalian yang dirahmati oleh Allah SWT

Percayalah musibah yang besar itu akan didatangkan kepada orang yang berhati besar, musibah yang sulit itu akan didatangkan kepada orang yang kuat, musibah yang bertubi-tubi itu untuk menguji kadar keimanan kita, taqwa kita, percaya kita kepada Allah SWT.

Bukankah kita telah mendengarkan ayat-ayat Allah :

لَا يُكَلِّفُ ٱللَّهُ نَفۡسًا إِلَّا وُسۡعَهَ
Q.S. Al-Baqarah : 286

Allah tidak akan pernah membebani hambanya kecuali hamba itu mampu untuk mengatasi bebannya tersebut. Oleh karenanya seberat apapun itu cobaan yang kita hadapi, seberat apapun itu rintangan yang kita hadapi, tetap kita harus kuat, tetap kita harus optimis bahwasanya Allah selalu ada dalam diri kita.

Demikian yang dapat saya sampaikan pada kesempatan ini, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. Lebih dan kurangnya mohon dimaafkan, yang benar datangnya atas bimbingan Allah SWT Yang Maha Benar, dan yang salah, khilaf, atau keliru itu datangnya dari diri saya pribadi sebagai manusia biasa yang tidak pernah luput dari salah, khilaf dan dosa.

Akhirul kalam, subhanakallahu maa wabihamdika, asyhadu allaa ilaaha anta, astaghfiruka wa atuubu ialaih... wabillahi taufiq wal hidayahwa birridho wal inayah...

Wassalamu alaikum warohmatullahi wabarokaatuh



Tempat Belajar Pendidikan | SD | SMP | SMA | Kumpulan Tutorial Dan Kumpulan Artikel Ilmu Komputer | Seputar dan Belajar SEO | Blogging | Internet | Bisnis Online | etc hanya di NugrahPratama21
Demo Blog NJW V2 Updated at: 7/05/2017 12:27:00 PM
Comments
0 Comments

0 komentar:

Post a Comment

Total Views

Blog Followers

Popular Post

Blog Archive