Resensi Novel "Pintu Harmonika"

Posted by

Resensi NonFiksi




Pintu Harmonika



Identitas Novel

Judul: Pintu Harmonika
Penulis: Clara Ng & Icha Rahmanti
Penerbit: PlotPoint Publishing
Tebal: 307 halaman
Cetakan: Pertama, Januari 2013

Sinopsis Novel Pintu harmonika
Rizal, Juni, dan David memiliki beberapa kesamaan. Mereka bertiga sama-sama tinggal di ruko yang berdekatan. Lantai satu ruko mereka sama-sama digunakan untuk usaha orang tua. Tanpa diduga-duga, mereka sama-sama merasa nyaman menyebut suatu tempat sebagai surga. Surga bagi mereka bukan tempat yang mewah. Surga bagi mereka sangat sederhana. Sebuah tanah kosong yang tenang, tapi mampu menyimpan banyak kenangan. Begitu banyak kisah yang terurai dari surga tersebut.

Tema
Tema pada Novel Perahu Kertas menceritakan persahabatan antara ketiga tokoh dalam cerata tersebut.

Latar Belakang
Tempat :
  • Sekolah
  • Ruko kota kecil
  • Tanah lapang
Waktu :
  • Pagi sampai malam.
Suasana :
  • Menyenangkan dan seru
  • Mengegangkan
Alur
Alur yang digunakan adalah alur maju mundur
Gaya Bahasa
Bahasa yang digunakan pada novel ini adalah ringan, mudah dipahami, mempunyai makna yang penting untuk dapat di aplikasikan dalam kehidupan.
Amanat
  • Tidak semua mimpi dapat kita raih begitu saja tanpa sebuah pengorbanan. Terkadang kita harus menjadi apa yang bukan diri kita sendiri.
  • Lita harus selalu yakin dengan apa yang kita lakukan.
  • Pendewasaan akan timbul dari seorang remaja atau anak-anak yang bisa menghargai arti kehidupan dan persahabatan.
Penokohan
Berikut adalah penjelasan penokohan dari Novel Pintu harmonika :

Rizal Zaigham Harahap
Rizal, seorang siswa SMA yang populer di kalangan para cewek. Ia juga blogger yang cukup terkenal, bahkan Rizal punya pendukung di dunia maya yang menamakan diri mereka Rizal's Angels. Sebelum pindah ke ruko, Rizal tinggal di rumah kontrakan bersama kedua orang tuanya. Ibunya begitu bahagia ketika mereka akan pindah ke ruko. Sayangnya, ibu Rizal meninggal dunia sebelum merasakan hangatnya suasana keluarga di ruko mereka sendiri. Jadilah Rizal tinggal berdua saja di ruko yang lantai dasarnya telah disulap menjadi Toko Kelontong Firdaus. Rizal sangat menyayangi ayahnya. Menyenangkan membaca dialog mereka yang tidak terlalu kaku. Dialog antara Rizal dan ayahnya mengalir seperti berbicara kepada sahabat.

Surga-tanah kosong itu-bagi Rizal adalah tempat rekreasi juga relaksasi yang tiada duanya. Ia bisa betah berjam-jam duduk di surga bersama laptopnya dan berselancar ke dunia maya. Begitu pula saat ia harus membantu Cynthia mencari dana untuk grup dance-nya. Ya, berawal dari nilai Matematika yang kurang baik, tanpa disangka Rizal harus bekerja sama dengan cewek populer ini.  Ia harus membantu Cynthia mengumpulkan dana untuk grup dance, dengan begitu nilai Rizal bisa jadi lebih baik. Sadar akan kepopulerannya di dunia maya, Rizal memanfaatkan blog-nya untuk aksi penggalangan dana.

Konsentrasi Rizal terpecah. Selain harus membantu Cynthia mencari dana, Rizal juga harus memutar otak agar tidak kehilangan surganya. Entah kenapa, pemilik surga tiba-tiba memasang banyak iklan yang menunjukkan surga akan dijual. Bersama-sama dengan Juni, mereka pun terlibat aksi mendebarkan, aksi menyelamatkan surga. Semua detail tentang aksi ini ia ceritakan dalam blog-nya, yang ia sebut Jurnal (bukan Diary). Lewat jurnal tersebut, kita akan melihat bagaimana Rizal mengalami proses pendewasaan, dewasa dalam hubungan dengan ayahnya, teman sekolah, lingkungan tempat tinggal, juga terhadap dirinya sendiri.

Juni Shahnaz
Gadis tomboi yang suka membaca buku detektif. Juni suka menelusuri halaman demi halaman kisah detektif bersama David. Ia gadis yang cerdas. Sayangnya, pergaulannya di sekolah tidak begitu menyenangkan. Setelah merasakan menjadi korban bullying, Juni menjadi lebih agresif dan menjadi pelaku bullying. Juni pun di-skors dari sekolah. Tak disangka, tindakan Juni ini mengancam usaha sablon ayahnya. Komunikasi Juni dan ayahnya menjadi memburuk. Ia merasa bersalah, tapi juga masih kacau dengan pikirannya sendiri.

Di tengah kekacauan itu, Juni masih harus memikirkan bagaimana agar surga mereka tak diambil orang lain. Petualangan bersama Rizal pun dimulai. Beberapa cara dilakukan agar surga mereka tetap ada di situ, tetap menjadi tanah kosong yang aman bagi mereka. Di luar masalah surga, Rizal rupanya mampu menularkan semangat menulis kepada Juni. Sehari-hari Juni bercerita tentang pengalaman dan perasaannya lewat jurnal yang ia sebut Catatan harian Seorang Tahanan Rumah. Simak semua curahan hati Juni di jurnal ini.

David Christian Hadijaja
Anggota termuda penghuni surga. Terobsesi menjadi detektif setelah membaca buku-buku detektif milik Juni. Ia tak mau disamakan dengan anak-anak lainnya. David selalu merasa lebih dewasa dari anak-anak seusianya. David tinggal bersama ibunya yang memiliki usaha toko kue. Angels's cookies buatan ibu David adalah kue yang paling terkenal. Namun, entah kenapa tiba-tiba senyum yang biasanya ada di angel's cookies tiba-tiba tidak digambar lagi. Naluri detektif yang dimiliki David membuatnya ingin memecahkan misteri itu. Apalagi ia merasa ibunya tidak mau mengatakan yang sebenarnya.

Sama seperti Rizal dan Juni, David sangat mencintai surga. Oleh karenanya, tak heran kalau David sangat kesal ketika diam-diam tahu ia tidak diajak dalam misi menyelamatkan surga. Meski begitu, David tetap ingin membantu Rizal dan Juni. Tanpa mereka ketahui, David sudah membantu Rizal dan Juni agar tidak ketahuan petugas ketika melakukan misi tersebut.

Di tengah keseruan misi penyelamatan surga, David mengalami banyak hal aneh. Tiba-tiba ia mendengar suara dari atap dan menemukan bulu hitam yang misterius. Ibu David juga semakin hari terlihat semakin kurus, lesu, dan tidak bersemangat. Ia bertekad akan mengungkap kejadian aneh ini. Semua kecurigaannya dapat kita simak dalam Catatan David Christian Hadijaja aka David Edogawa.

Kelebihan Buku
Seru dan menyenangkan sekali bisa membaca satu inti cerita dari tiga sisi anak-anak yang berbeda. Ditambah dengan ending yang tak terduga, kisah yang hangat, dan dua cerita terakhir David Edogawa yang sangat mengharukan semakin menambah daya pikat buku ini.

Kekurangan Buku

Yang disayangkan adalah banyak sekali typo yang ditemukan. Padahal jika melihat kolasi novel ini, sudah ada tim penyunting, pemeriksa aksara, dan penata aksara. Jadi terkesan novel ini buru-buru diterbitkan, mungkin mengejar filmnya yang akan segera tayang.


Tempat Belajar Pendidikan | SD | SMP | SMA | Kumpulan Tutorial Dan Kumpulan Artikel Ilmu Komputer | Seputar dan Belajar SEO | Blogging | Internet | Bisnis Online | etc hanya di NugrahPratama21
Demo Blog NJW V2 Updated at: 7/05/2017 03:37:00 PM
Comments
0 Comments

0 komentar:

Post a Comment

Total Views

Blog Followers

Popular Post

Blog Archive