Ceramah : Jadilah Pelopor Kebaikan Sebelum Mengajak Yang Lain

Posted by

TUGAS PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
CERAMAH AGAMA


“Jadilah Pelopor Kebaikan Sebelum Mengajak Yang Lain”
  





Oleh :


MUHAMMAD WAHYU APRIANSYAH

XI MIA 2




SMAN 1 GOWA
TAHUN AJARAN 2016/2017





Bismillahirrahmanirrahim
Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh...

    Pertama – tama marilah kita panjatkan rasa puji dan syukur kepada kehadirat Allah SWT, Tuhan Semesta Alam yang tak henti – hentinya telah memberikan hidayah dan nikmatnya sehingga kita semua dapat berkumpul dalam ruangan ini tanpa halangan sedikitpun dan dalam kondisi sehat walafiat. Tak lupa juga marilah kita sanjungkan shalawat serta salam kepada junjungan kita, Nabi Besar Muhammad SAW yang telah membawa kita ke luar dari zaman kegelapan menuju zaman yang terang benderang seperti saat ini. Semoga kita diberikan syafaatnya pada yaumil akhir kelak aamiin.


Saya akan membawakan sebuah ceramah singkat berjudul :
 “Jadilah Pelopor Kebaikan sebelum mengajak yang lain”

Sebagaimana Firman Allah SWT :


Yang Artinya :

“Hai orang-orang yang beriman, mengapa kamu mengatakan apa yang tidak kamu perbuat?”. Amat besar kebencian di sisi Allah bahwa kamu mengatakan apa-apa yang tiada kamu kerjakan.” [QS. Ash-Shaff : 2-3].

     Kenapa kalian berkata kebaikan dan mengajak untuk berbuat baik, bahkan kalian terpuji dengan kebaikan tersebut, namun kalian sendiri tidak melakukannya. Kalian melarang dari kejelekan dan mensucikan diri dari kejelekan tersebut, namun sebenarnya kalian sendiri menerjang dan senyatanya memiliki sifat yang jelek.

Apakah pantas orang beriman memiliki sifat yang tercela seperti ini?

Ataukah ia rela mendapatkan kemurkaan yang besar di sisi Allah dengan ia mengatakan apa yang ia sendiri tidak melakukannya?

Sudah sepatutnya bagi orang yang mengajak pada kebaikan, maka hendaklah dia yang menjadi pelopor pertama dalam melaksanakan kebaikan. Jika ia melarang suatu kemungkaran, hendaklah ia yang lebih menjauhi kemungkaran tersebut.

Kemudian berdasarkan sabda Rasulullah SAW :

Dari Abu Zaid Usaman bin Zaid bin Haritsah ia berkata : “Saya mendengar Rasulullah berkata :
 “Seseorang didatangkan pada hari kiamat kemudian dilemparkan ke dalam neraka hingga ususnya terburai keluar; dan (ia) berputar-putar di neraka layaknya keledai mengitari alat penumbuk gandum. Kemudian penduduk neraka mendekatinya, Maka mereka berkata: Hai Fulan! Bukankah dulu engkau memerintahkan kebaikan dan mencegah kemungkaran? Ia menjawab: ‘Benar, dulu aku memerintahkan kebaikan namun tidak kulakukan dan mencegah kemungkaran namun aku melakukannya.” (H.R Bukhari dan Muslim)
Hadits ini bermaksud menjelaskan bahwa terdapat ancaman keras terhadap orang yang menyuruh berbuat baik sedangkan ia mengingkari perkataannya : “Didatangkan seorang laki-laki pada hari kiamat”
Artinya Malaikat membawanya lalu ia dilemparkan ke neraka, ia tidak dilemparkan dengan lembut, akan tetapi ia dilemparkan sebagaimana batu dilemparkan ke laut (dengan lemparan keras), lalu ususnya berhamburan melilit perutnya (lantaran kerasnya lemparan).
Laki-laki yang dilemparkan ke neraka ini berputar, ususnya melilitnya sebagaimana keledai mengitari adonan tepung (semoga Allah melindungi kita), maka penghuni neraka berkumpul dan bertanya kepadanya : “Mengapa kamu? Apa yang menyebabkan kamu masuk neraka sedangkan engkau menyuruh kepada kebaikan dan melarang kepada kemungkaran ?” lalu laki-laki itu menjawab : “Saya dahulu menyuruh berbuat baik sedangkan diriku tidak mengerjakannya”.
Ia berkata kepada manusia :
“Sholatlah kalian!”
Akan tetapi ia tidak sholat.
Ia juga berkata :
“Zakatilah harta-harta kalian!”
Akan tetapi ia tidak berzakat.
(Ia juga berkata):
“Berbuat baiklah kepada orang tua !”
akan tetapi ia tidak berbuat baik kepada kedua orang tuanya.
Demikianlah ia selalu menyuruh berbuat kebaikan akan tetapi ia tidak mengerjakannya. “Dan aku melarang dari yang mungkar sedangkan diriku mengerjakannya”
Ia berkata kepada manusia:
“Janganlah menggunjing!”
“Janganlah makan riba !”
“Janganlah menipu dalam jual beli!”
“Janganlah berbuat jelek kepada keluarga dan tetangga !”
dan semisal ini dari perkara-perkara yang diharamkan, akan tetapi ia mengerjakannya (semoga Allah melindungi kita), Ia menjual dengan riba, menipu, berbuat jahat kepada keluarga, tetangga, dan lainnya.
Ia menyuruh berbuat kebaikan dan tidak mengerjakannya, ia melarang dari kemungkaran sedangkan dirinya mendatanginya. (Kita memohon kepada Allah keselamatan), lalu ia disiksa dengan siksaan seperti ini, dan dihina dengan kehinaan ini.
Maka dari itu wajib bagi seseorang untuk memulai dari dirinya dan menyuruh dirinya untuk berbuat kebaikan dan melarangnya dari berbuat kemungkaran. Karena manusia yang paling besar haknya sesudah Rasulullah shållallåhu ‘alaihi wa sallam adalah dirimu (sendiri)!
Mulailah dari dirimu dan laranglah dia dari kejahatannya
Jika jiwamu telah berhenti dari kejahatan maka engkau adalah orang bijaksana
Mulailah dari dirimu sendiri dan berusahalah menasihati teman-temanmu
Dan perintahkanlah kepada teman-temanmu berbuat kebaikan
Dan laranglah mereka dari kemungkaran agar engkau menjadi orang yang shalih, orang yang baik dan memperbaiki orang lain.
Ketahuilah bahwa manusia memiliki dua kewajiban, yaitu :
(1) mengajak orang lain pada kebaikan atau melarang dari kemungkaran
(2) memerintahkan diri sendiri untuk melakukan kebaikan dan meninggalkan kemungkaran.
Kita memohon kepada Allah agar menjadikan saya dan kalian orang-orang yang shalih, baik, dan memperbaiki diri. Karena Sesungguhnya Dia Maha Pemurah lagi Maha Mulia.

Demikian ceramah agama yang dapat saya sampaikan pada kesempatan ini, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. Lebih dan kurangnya mohon dimaafkan, yang benar datangnya atas bimbingan Allah SWT Yang Maha Benar, dan yang salah, khilaf, atau keliru itu datangnya dari saya pribadi sebagai manusia biasa yang tidak pernah luput dari salah, khilaf dan dosa.

Akhirul kalam, subhanakallahu maa wabihamdika, asyhadu allaa ilaaha anta, astaghfiruka wa atuubu ialaih,,,
Billahi fii sabililhaq.
Fastabiqul Khoirot..
Wassalamu’alaikum warohmatullahi wabarokaatuh....


SELESAI


Tempat Belajar Pendidikan | SD | SMP | SMA | Kumpulan Tutorial Dan Kumpulan Artikel Ilmu Komputer | Seputar dan Belajar SEO | Blogging | Internet | Bisnis Online | etc hanya di NugrahPratama21
Demo Blog NJW V2 Updated at: 7/05/2017 12:29:00 PM
Comments
0 Comments

0 komentar:

Post a Comment

Total Views

Blog Followers

Popular Post

Blog Archive