Biografi Thomas Alva Edison Penemu Bola Lampu

Posted by

Nama : Nugrah Pratama
NIS      : 151818
Kelas  : XI MIA 2

Biografi Thomas Alva Edison
Penemu Bola Lampu

Thomas Alva Edison adalah salah satu tokoh yang memberikan banyak kontribusi bagi kehidupan di dunia ini, ia banyak mengembangkan banyak peralatan yang dibutuhkan di dunia ini salah satunya benda yang ia temukan adalah bola lampu "Terbitnya Matahari di Malam Hari".



Penemuannya tersebut sebagai benda terpenting yang pernah ditemukan dalam sejarah umat manusia. Berkat penemuannya tersebut, manusia dapat beraktivitas pada malam hari selayaknya beraktivtas pada siang hari. Thomas Alva Edison  ini merupakan salah seorang penemu pertama yang menerapkan prinsip produksi massal pada proses penemuan.
Biodata Thomas Alva Edison
1.            Nama Lengkap : Thomas Alva Edison
2.            Tanggal Lahir : 11 Februari 1847
3.            Tempat Lahir : Milan, Ohio, A.S
4.            Agama : Deis (butuh rujukan(
5.            Orang tua : Samuel Odgen Edison (ayah), dan Nancy Matthews Elliot (ibu)
6.            Kewarganegaraan : Amerika Serikat

Kehidupan
Thomas Alva lahir di Milan, Ohio, Amerika Serikat pada tanggal 11 Februari 1847. Masa kecilnya di Amerika Serikat, Thomas selalu mendapat nilai buruk di sekolahnya. Pihak dari sekolah memperingati orang tua Thomas, bahwa anaknya tidak bisa belajar di sekolah, dan juga Thomas termasuk murid yang sering tertinggal dari teman sebaya sekolahnya.

Nilainya yang buruk tersebut membuat ibunya memberhentikannya dari sekolah, kebetulan ibunya juga berprofesi sebagai seorang guru, dan akhirnya mengajarinya sendiri di rumah. Di rumah Thomas belajar membaca buku-buku ilmiah dewasa dan mulai mengadakan berbagai percobaan ilmiah sendiri.

Pada saat berusia 12 tahun, Thomas sudah memiliki laboratorium kimia kecil di ruang bawah tanah rumah ayahnya. Setahun kemudian dia berhasil membuat telegraf yang sekalipun bentuk dan modelnya sederhana dan primitif tapi sudah bisa berfungsi. Pada usia tersebut ia juga sudah bekerja sebagai penjual koran, buah-buahan, dan gula-gula di kereta api selama beberapa tahun. 
  
Pada tahun 1861, pecahlah perang saudara antar negara bagian utara dan selatan. Thomas lalu memiliki ide untuk menerbitkan koran pertama di atas kereta api yang berguna untuk memenuhi kebutuhan orang akan informasi. Ia membeli sebuah alat cetak tua seharga US$12, dan membuat koran sendiri bernama Weekly Herald. Korannya laku, ia pun mengantongi US$400 dalam sehari.

Saat berusia 15 tahun, Thomas Alva Edison telah menguasai prinsip dasar pekerjaannya setelah diterima bekerja sebagai satu dari seribu operator telegraf yang bertugas mengirimkan berita bisnis ke seluruh perusahaan terkemuka yang ada di New York. Saat itulah ia memiliki kesempatan untuk, mengembangkan, memperbaiki kecepatan, dan efisiensinya dalam mengirim dan menerima kode morse serta mempraktekan alat percobaannya yang didisain untuk memperbaiki alat tersebut.

Pada saat berusia 16 tahun, setelah ia bekerja di berbagai kantor telegraf, sampailah ia pada penemuan pertamanya yang disebut dengan pengulang otomatis (automatic repeater) yang dapat menghantarkan sinyal diantara stasiun yang kosong. Sehingga memungkinkan orang dengan mudah dan akurat menerjemahkan kode morse tanpa ada gangguan.

Thomas pernah dua kali menikah. Pertama, pada tahun 1871 dengan seorang wanita bernama Mary Stilwell dan berakhir pada 1884, dan yang kedua bersama Mina Miller mulai 1886 hinga akhir hidupnya. Ia dikaruniai 6 anak yakni Marion Estelle Edison (1873-1965), Thomas Alva Edison Jr. (1876-1935), William Leslie Edison (1878-1937), Madeleine Edison (1888-1979), Charles Edison (1890-1969), dan Theodore Miller Edison (1898-1992).

Daftar Penemuan Thomas
Pada tahun 1870 ia menemukan mesin telegraf yang lebih baik dari mesin telegraf sebelumnya. Mesin-mesinnya dapat mencetak pesan-pesan di atas pita kertas yang panjang. Uang yang dihasilkan dari penemuannya itu cukup untuk mendirikan perusahaan sendiri. Pada tahun 1874 ia pindah ke Menlo Park, New Jersey. Disana ia membuat sebuah bengkel ilmiah yang besar dan yang pertama di dunia. Setelah itu ia banyak melakukan penemuan-penemuan yang penting. 

Pada Tahun 1877 ia menemukan phonograph. Pada tahun ini Thomas menyadari bahwa pentingnya sumber cahaya bagi kehidupan umat manusia, kemudia ia menyibukkan diri dengan masalah yang pada waktu itu menjadi perhatian banyak peneliti: lampu pijar. Oleh karena itu Edison menngerahkan seluruh tenaga dan waktunya, serta menghabiskan uang sebanyak 40.000 dollar dalam kurun waktu dua tahun untuk percobaan membuat lampu pijar.

Total ada sekitar 6000 bahan yang dihabiskan untuk membuat lampu pijar, sebelum akhirnya menemukan lampu pijar listrik pertama yang mampu menyala 40 jam pada 21 Oktober 1879. Tidah hanya itu, pada tahun yang sama Thomas juga menemukan proyektor untuk film-film kecil. Tahun 1882, untuk pertama kalinya Thomas memasang lampu listrik di jalan dan rumah-rumah sejauh satu kilometer di New York. Pada tahun 1890, ia mendirikan perusahaan General Electric.

Thomas disebut sebagai salah seorang pencipta paling produktif pada masanya, memegang rekor 1.093 paten atas namanya. Sebagian besar penemuannya tidaklah original, namun merupakan pengembangan, dan perbaikan atas penemuannya terdahulu. Ia juga banyak membantu dalam bidang pertahanan pemerintahan Amerika Serikat. Beberapa penelitiannya antara lain : mendeteksi pesawat terbang, menghancurkan periskop dengan senjata mesin, mendeteksi kapal selam, menghentikan torpedo dengan jaring, menaikkan kekuatan torpedo, kapal kamuflase, dan lain-lain.

Kata-kata Bijak Thomas Alva Edison 

1.     Jenius adalah 1 persen dari inspirasi dan 99 persen keringat.
2.     Aku tidak gagal. Aku hanya menemukan 10.000 cara yang tidak bekerja.
3.     Saya tidak patah semangat, karena setiap usaha yang salah adalah satu langkah maju.
4.     Pecundang adalah orang yang menyerah dan tidak sadar kalau mereka sudah hampir meraih kesuksesan sebelum menyerah.
5.     Kebanyakan kegagalan hidup berasal dari orang yang tidak menyadari betapa sudah dekatnya mereka pada kesuksesan saat mereka memutuskan untuk menyerah.
6.     Keberuntungan adalah sesuatu yang terjadi ketika kesempatan bertemu dengan kesiapan.

Meninggal Dunia

Thomas Alva Edison meninggal pada 18 Oktober 1931 pada umur 84 tahun. Namanya terus dikenang sebagai penemu paling produktif di masanya. Ada 1.093 hak paten atas namanya.  Ia meninggal pada usianya yang ke-84, pada hari ulang tahun penemuannya yang fenomal, yaitu lampu pijar. Pada tahun 1928 ia menerima penghargaan berupa sebuah medali khusus dari Kongres Amerika Serikat.



Tempat Belajar Pendidikan | SD | SMP | SMA | Kumpulan Tutorial Dan Kumpulan Artikel Ilmu Komputer | Seputar dan Belajar SEO | Blogging | Internet | Bisnis Online | etc hanya di NugrahPratama21
Demo Blog NJW V2 Updated at: 7/05/2017 03:23:00 PM
Comments
0 Comments

0 komentar:

Post a Comment

Total Views

Blog Followers

Popular Post

Blog Archive